Thursday, January 28, 2010

Connecting FL to virtual midi keyboard

Dalam proses recording FL dengan teknik bermain secara langsung di piano roll, terkadang kita susah untuk memainkan note dibawah C4 kecuali jika kita menggunakan gadget tambahan seperti usb piano roll-up. Lantas bagaimana jika kita tidak menggunakan gadget tambahan dan hanya mengandalkan keyboard PC atau notebook yang ada ?
Saya akan menawarkan salah satu solusinya, kita dapat menggunakan virtual MIDI keyboard sebagai alternatif. Sebagai contoh, virtual keyboard midi yang saya gunakan adalah Virtual Piano MIDI Keyboard. Berikut beberapa hal yang harus kita persiapkan :

Langkah-langkahnya :

Install Virtual Piano MIDI Keyboard ke dalam PC atau notebook anda
Photobucket


Install LoopBe1 ke dalam PC atau notebook anda, LoopBe ini berfungsi sebagai penghubung antara FL dengan virtual MIDI keyboard yang ada.
Photobucket

Setelah kedua proses diatas anda lakukan, buka FL anda. Masuklah ke dalam settings MIDI, pilih opsi LoopBe Internal MIDI di kolom input. Jangan lupa untuk memposisikan input tersebut dalam posisi Enable.
Photobucket


Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menghubungkan Virtual Piano MIDI Keyboard ke FL dengan "virtual cable" yang kita pakai (Loopbe). Pilih menu Edit>Connections. Pada output MIDI Connection pilih LoopBe Internal MIDI.
Photobucket


Lakukan test pada koneksi yang telah anda buat, jika belum terhubung ulangi proses koneksi. Dengan virtual MIDI keyboard yang ada kita dapat melakukan set note pada keyboard PC atau notebook sesuai keinginan kita. Sehingga note-note yang biasanya tidak dapat kita capai di piano roll FL dapat kita capai di virtual MIDI keyboard.
Selamat mencoba :)

(Terima kasih untuk semua teman di Fruity Loops Kaskus Indonesia, special thank's to xtreme FX)

No comments:

Post a Comment